Pemeliharaan burung kenari masa remaja

Bila sudah tidak nyicit sambil mengepak-ngepakkan sayapnya saat didekati, suatu pertanda kenari sudah mampu mandiri. Pada saat ini anakan kenari tersebut sudah menginjak remaja. Pertumbuhan badan secara optimal sangat dibutuhkan pada usia remaja ini. Oleh karena itu, keleluasan gerak sangat diperlukan.

Burung-burung kenari remaja yang hanya diperlukan keindahan dan keunikan bentuk badannya, dapat dilepas dikandang besar. Dengan demikian, mereka merasa bebas dan kondisinya akan lebih sehat. Yang perlu diingat, kenari  yang dilepaskan harus memiliki umur yang relatif sama. Untuk kenari yang diharapkan bersuara baik bisa juga dilepas di kandang besar, akan tetapi jangan sampai ada kenari yang sudah berkicau. Sebagai master, di dekat kandang bisa ditempatkan beberapa burung. Dengan harapan suaranya dapat ditirukan oleh kenari.

Selain dikandang besar, burung-burung remaja (bakalan) bisa juga ditempatkan di dalam sangkar. Pendekatan dengan burung master (burung-burung yang diinginkan sebagai pengisi suara kenari) harus tetap dilakukan.

Kenari remaja membutuhkan perkembangan sangat pesat baik tubuh, tulang, maupun bulu-bulunya. Oleh karena itu, harus didukung dengan makanan yang bergizi tinggi agar perkembangannya tidak terhambat dan bisa tumbuh normal serta sehat. Pemberian pakan dan minum selain yang pokok juga ditambahkan makanan khusus yang mempunyai nilai gizi tinggi. Hanya saja jangan sampai makanan tersebut membuat gemuk karena akan menjadikan kenari malas berkicau.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved