Ragam jenis kedasih di Indonesia

Pada beberapa artikel terdahulu banyak diterangkan mengenai sifat dan karakter dari burung cukcoo atau kita menyebutnya dengan burung kedasih atau wiwik. tetapi apakah anda tahu ada berapa macam jenis burung ini yang tersebar di indonesia ? nah kali ini kita akan membahas seputar kedasih atau wiwik yang penyebarannya hampir merata diseluruh indonesia.

1. Wiwik Uncuing
Wiwik uncuing atau cocomantis sepulcralis ( rusty-breaster cuckoo ) merupakan salah satu jenis yang paling banyak ditemukan di wilayah indonesia.
Burung dewasa memiliki kepala berwarna abu-abu. sedangkan punggung, sayap dan ekor berwarna coklat keabu-abuan dengan tubuh bagian bawah berwarna merah karat , hampir mirip dengan wiwik kelabu hanya saja berwarna lebih gelap. Iris coklat dengan lingkar mata kuning. paruh hitam dan kaki abu-abu.
Sifat burung ini adalah parasit dan banyak menyerang sarang kipasan, meninting, kucica batu, bentet dan ciblek. dengan telur 1 butir yang terdiri dari berbagai pola warna. berkembang biak pada bulan januari – september.
makanan utama mereka adalah ulat bulu, belalang, dan serangga lainnya.
wiwik uncuing
Habitat dan Penyebaran
Sering terlihat di tepi hutan, vegetai sekunder, perkebunan, pedesaan dan tersebar hingga ketinggian 1300 M diatas permukaan laut.
Penyebaran meliputi semenanjung malaysia, filipina, Sumatera Kalimantan, Belitung, Enggano, Simeleu, Jawa, Bali, Maluku dan Nusa Tenggara Barat.
Suara :
siulan mengalun ” wii pii – wiit ” diulang ulang sepuluh sampai dua puluh lima kali dengan nada yang makin merendah. bunyi meninggi lebih cepat dan liar daripada kicauan wiwik kelabu.


Suara wiwik uncuing







2. Wiwik Kelabu
wiwik kelabu atau cocomantis merulinus (plaintive cuckoo) ini berukuran lebih kecil dari wiwik uncuing, burung dewasa memiliki kepala yang berwarna keseluruhan abu-abu, punggung yang berwarna coklat dengan perut dan ekor berwarna merah sawo matang. burung muda bisa dilihat dari tubuh bagian atasnya yang berwarna coklat bergaris-garis hitam dan tubuh bagian bawah keputih-putihan dengan garis halus. mirip wiwik lurik tapi tanpa garis mata. juga mirip wiwik uncuing tetapi lebih pucat dan kicauannya pun berbeda. iris mata merah, paruh atas kehitaman, paruh bawah kuning dan kaki berwarna kuning. burung ini lebih sering terdengar pada musim penghujan, sedangkan di musim kemarau hampir tidak pernah terdengar suarana. makanannya adalah buah buahan kecil, laba-laba, kumbang dan serangga lainnya.
sama seperti wiwik uncuing, wiwik kelabu juga merupakan burung parasit dan lebih sering menyerang sarang cica daun, cinenen, perenjak atau ciblek dan pijantung. dengan telur berwarna kebiru-biruan yang berjumlah 1 butir. berkembang biak pada bulan oktober, februari dan april.
wiwik kelabu
Habitat dan penyebaran
Menyukai hutan terbuka, hutan sekunder, perkebunan, pedesaan, pemukiman di perkotaan. penyebarannya meliputi india timur, cina selatan, filipina. sedangkan di indonesia meliputi wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali dan Sulawesi.
Suara
“te – ta – tii , te – ta – tii , te – ta – tii ” seperti yang meratap dengan bertambah cepat dan semakin meninggi. nada khasnya terdiri dari dua atau tiga siulan yang memecah menjadi nada – nada menurun “pwee,pwee,pwee,pee-pee-pee-pee”

Suara wiwik kelabu





Video wiwik kelabu



3. Wiwik Lurik
Wiwik lurik atau cocomantis sonneratii ( banded bay cuckoo) memiliki tubuh bagian atas yang berwarna coklat terang dengan tubuh bagian bawah keputih-putihan bergaris hitam halus dan alis bergaris pucat. iris mata kuning, paruh atas kehitaman, paruh bawah kekuningan dan kaki abu-abu. burung ini lebih sering terdengar suaranya tetapi jarang terlihat penampakannya. makanan utamanya adalah ulat, kupu-kupu, larva hemiptera dan serangga lainnya. menyerang sarang jenis chloropsis dan muscicapidae untuk menyimpan telurnya pada bulan bulan oktober dan februari hingga juni.
wiwik lurik
Habitat dan Penyebaran
Menyukai hutan terbuka, pinggiran hutan, semak sekunder, lahan pertanian. penyebarannya meliputi India, China dan Filipina sedangkan penyebaran di Indonesia meliputi Sumatera, Kalimantan dan Jawa.
Suara
Suara nyanyian nya mengalun dengan empat nada yang cepat , meratap dan berulang semakin meninggi.








Video wiwik lurik


4. Kedasih Hitam
Kedasih hitam atau surniculus lugubris ( drongo-cuckoo) berbeda dengan jenis lainnya burung ini berwarna hampir keseluruhan hitam mengkilap dengan paha putih dan bulu penutup ekor bawah juga putih. untuk burung musa bulu hitamnya dipenuhi bintik-bintik putih yang tidak merata. memiliki iris mata coklat (jantan) atau kuning (betina), paruh hitam dengan kaki yang berwarna abu-abu. melihat fisiknya orang sering menyamakan dengan burung srigunting namun berbeda jauh baik dari bentuk tubuh, gerakan dan cara terbangnya. makanan utama mereka adalah buah-buahan ,ulat, laba-laba, kumbang, dan serangga lain.
kedasih hitamSifatnya juga sama yaitu parasit dan sering menyerang sarang burung jenis timaliidae dan kucica dengan telurnya yang berjumlah 1-2 butir yang berwarna merah jambu dan berkembang biak pada bulan juli, september, november – maret.
Habitat dan penyebaran
Sering terlihat di dalam hutan, pinggiran hutan, semak belukar dan dataran rendah. penyebarannya meliputi India, Cina dan FIlipina. untuk penyebaran di indonesia meliputi Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, SUlawesi dan Maluku Utara.
Suara
Berbeda dengan suara saudara yang lainnya kedasih hitam memiliki suara yang keras dengan empat hingga tujuh nada yang teratur dan makin tinggi.







Video kedasih hitam

-->

Semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan kita mengenai keunikan dan ragam burung kedasih atau wiwik yang ada di sekitar kita, jadi kalau suatu waktu mendengar suaranya jangan selalu dikait-kaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis, nikmati saja alunan suaranya :) 


Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved